Cara Pakai USG dan Perawatannya Di Dunia Medis

USG dalam dunia medis atau kedokteran sudah bukan merupakan hal yang langka. Secara medis usg mempunyai fungsi untuk membantu diagnosis dokter akan adanya kelainan pada organ tubuh pasien berdasarkan suatu gejala yang terjadi. Fungsi usg antara lain menentukan letak massa pada pelvis dan rongga perut, menemukan adanya kista, mengetahui pergerakan janin dan aktifitas organnya (jantung, aorta, vena kafa), dan yang terakhir adalah mengetahui ukuran volume massa organ tubuh seperti ginjal, ovarium, rahim, dan lain-lain.

2

Bagian-bagian dari  alat usg

  1. Layar monitor

Komponen ini berfungsi untuk menampilkan citra yang diperoleh dari scanning. Citra yang terlihat dari monitor berguna untuk melakukan pemeriksaan oleh operator. Jenis monitor yang umum dipergunakan untuk usg adalah monitor tabung, LCD, dan LED. Perawatan usg yang berhubungan dengan komponen ini adalah harus sering dibersihkan dengan kain yang lembut atau kertas tisu. Sebagai bahan pembersih sebaiknya tidak digunakan alkohol karena dapat mengikis lapisan pada monitor.

  1. Transducers

Komponen yang satu ini dapat dikatakan paling vital dalam memakai usg, karena jika terjadi kerusakan akan terjadi gangguan yang menyeluruh pada alat canggih ini dan pada kemungkinan terburuk usg bisa rusak total. Dalam perawatannya sebaiknya komponen ini dibersihkan degan jeli khusus dan jika transducers sudah terlanjur kering Anda bisa mencoba membersihkannya dengan lap basah yang lembut. Anda tidak dianjurkan untuk membersihkan komponen dengan alkohol karena dapat merusak karetnya, apalagi pada alkohol berkadar tinggi. Kehati-hatian juga sangat diperlukan saat pemakaian, jangan sampai terjatuh, terlindas kabelnya, atau terbentur. Perbaikan atau penggantian komponen ini memerlukan biaya yang cukup mahal.

  1. Console

Console atau papan tombol adalah bagian yang merupakan tombol fungsi alat. Bentuknya dapat berupa tombol analog, layar sentuh, atau perpaduan dari keduanya. Jangan sampai console ini terkena cairan karena dapat berakibat kerusakan pada komponen. Pada saat pemeriksaan hindarkan jeli dari komponen yang satu ini. Perawatan alat ini hanya dapat dilakukan oleh teknisi ahlinya.

  1. Mesin

Mesin usg tidak jauh berbeda dengan cpu pada komputer yang berkaitan dengan berbagai komponen rumit dan perangkat lunak. Sistem operasi yang digunakan pada mesin usg adalah linux atau windows yang lebih banyak dikenal. Untuk perawatannya, mesin sebaiknya diletakkan pada ruangan yang dilengkapi penyejuk udara, dan harus diupayakan agar debu tidak masuk pada mesin dengan cara dibersihkan saringan udaranya.

  1. Printer

Printer atau alat pencetak usg dapat berupa printer yang biasa digunakan pada komputer-komputer atau printer khusus untuk mesin usg. Perawatan pada alat ini juga sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berkompeten.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *